Visi, Misi, Tujuan, dan Sasaran Program Studi Teknik Elektro

VISI

Menjadi program studi yang unggul dan profesional di tingkat dunia dalam bidang pengembangan ilmu pengetahuan teknik elektro khususnya di bidang energi paling lambat pada tahun 2035

MISI

Misi dari Program Studi Teknik Elektro Universitas Pertamina sesuai dengan Statuta Universitas Pertamina adalah:

  1. Pendidikan

Menyelenggarakan pendidikan Teknik Elektro untuk menghasilkan Sarjana Teknik Elektro yang profesional dan mutunya diakui baik secara nasional maupun internasional dengan menjunjung tinggi nilai integritas dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa.

  1. Penelitian

Menyelenggarakan penelitian yang bermanfaat dalam bidang Teknik Elektro terutama dalam bidang Energi dan Kelistrikan, sebagai sumbangsih dalam pengembangan IPTEK di Indonesia dan peradaban dunia.

  1. Pengabdian Masyarakat

Menerapkan ilmu dibidang teknik elektro secara aktif, kreatif, kritis, dan inovatif untuk berkontribusi dalam menyelesaikan permasalahan energi yang ada di masyarakat dan industri baik dalam skala nasional maupun internasional.

 

TUJUAN

Tujuan Program Studi Teknik Elektro Universitas Pertamina adalah sebagai berikut:

1. Menghasilkan lulusan yang beretika, kompeten, dan menguasai konsep ilmu di bidang Teknik Elektro yang memiliki daya saing baik di tingkat nasional maupun internasional.
2. Mengembangkan penelitian serta menghasilkan karya inovasi di bidang Teknik Elektro yang dapat menjadi solusi bagi permasalahan di masyarakat.
3. Meningkatkan citra dan kualitas Program Studi Teknik Elektro baik dalam bentuk pengabdian masyarakat maupun kerja sama dengan pihak luar negeri.

SASARAN

Sasaran Program Studi Teknik Elektro Universitas Pertamina adalah sebagai berikut:

  1. Menyelenggarakan suasana akademik yang kondusif baik untuk pendidikan maupun penelitian melalui usaha dan peranan Program Studi, Fakultas, dan Universitas.
  2. Meningkatkan kualitas pendidikan dengan cara:
    a. Melakukan kajian-kajian keilmuan yang berkembang sesuai dengan kemajuan teknologi untuk diterapkan dalam kurikulum.
    b. Melakukan peninjauan secara berkala terhadap Rancangan Pembelajaran Semester, Silabus, materi perkuliahan, soal-soal ujian demi tercapainya proses pengajaran yang berkualitas.
    c. Melakukan peer-review terhadap sesama dosen sebagai sistem pemantauan proses pengajaran.
    d. Mendorong tenaga pengajar untuk mengadakan tutorial ataupun responsi sebagai bentuk kegiatan terstruktur pada mata kuliah.
    e. Mengadakan kuliah umum diluar mata kuliah wajib untuk menambah pengetahuan umum diluar keahlian bidang teknik elektro.
    f. Tercapainya IPK rata-rata lulusan >3 dengan presentase lulusan tepat waktu minimum sebanyak 50% dari jumlah mahasiswa per angkatan.
    g. Menambah rasio dosen berkualifikasi S3 didalam program studi.
  3. Meningkatkan kualitas dan kuantitas penelitian yang berkesinambungan dengan cara:
    a. Mendorong dosen untuk menulis dan mengajukan proposal penelitian ke lembaga-lembaga penyedia dana bantuan penelitian.
    b. Mendorong dosen untuk mempublikasikan karya ilmiah berupa jurnal, buku ataupun paten baik nasional maupun internasional.
    c. Melibatkan mahasiswa dalam penelitian dosen yang dapat dijadikan Tugas Akhir maupun karya ilmiah mahasiswa.
    d. Mendorong dosen untuk mengikuti berbagai konferensi sesuai dengan bidang keahliannya baik nasional maupun internasional.
  4. Meningkatkan kualitas dan kuantitas pengabdian masyarakat dengan cara:
    a. Melakukan kerjasama dengan kelompok masyarakat untuk membentuk daerah binaan.
    b. Melibatkan mahasiswa dalam kegiatan pengabdian masyarakat.
    c. Melakukan kerjasama dengan industri ataupun instansi pemerintah untuk meningkatkan kegiatan pengabdian masyarakat.
  5. Meningkatkan fasilitas pendukung tri dharma perguruan tinggi di program studi melalui kerja sama dengan fungsi dan unit kerja lainnya didalam universitas secara optimal.
    a. Infrastruktur pendidikan: meningkatkan fasilitas pendidikan baik itu alat pengajaran, bangunan, ataupun sistem jaringan komunikasi untuk efisiensi operasional.
    b. Laboratorium: meningkatkan ketersediaan peralatan laboratorium untuk pendidikan dan penelitian, serta penambahan staff laboratorium untuk pemeliharaan dan pengembangannya.
    c. Perpustakaan: menambah jumlah judul buku, jurnal, dan menambah ruangan perpustakaan untuk program studi.
    d. Kantor administrasi: menambah staff tenaga kependidikan program studi, meningkatkan fasilitas dan sistem administrasi untuk menunjang kegiatan program studi.
  6. Penjaminan peningkatan mutu program studi melalui akreditasi nasional dan internasional.