Field Trip Mahasiswa Prodi Teknik Elektro 2016 Universitas Pertamina Ke PLN UIP2B JCC Gandul

Jakarta (16/05/2019)- Mahasiswa Program Studi Teknik Elektro Universitas Pertamina didampingi oleh Bapak Teguh Aryo Nugroho, M.T pada hari Kamis, 25 April 2019 melakukan field trip ke PLN UIP2B, salah satu anak perusahaan PT.PLN (Persero) yang bergerak di bidang pengelolaan penyaluran dan pengaturan beban listrik pada sistem Jawa-Bali.

Field Trip dengan tema “Set Your Electricity For Your Future” yang diikuti oleh mahasiswa Prodi Teknik Elektro angkatan 2016 khususnya yang mengambil mata kuliah analisa sistem tenaga listrik dan operasi optimum sistem tenaga listrik ini dimaksudkan untuk menambah wawasan para mahasiswa terkait gambaran secara langsung suatu pengoperasian sistem tenaga listrik. Dengan diadaknnya field trip kali ini diharapkan para mahasiswa memperoleh pengetahuan mengenai pengontrolan sistem transmisi tenaga listrik dan juga pengetahuan mengenai pengoperasian, perencanaan, serta keamanan sistem interkoneksi ketenagalistrikan yang diterapkan oleh PT.PLN (Persero).

Acara field trip ke PLN UIP2B yang berada di lt. 2 gedung pertemuan PLN UIP2B dibuka oleh Bapak Suprayitno selaku Manajer Sub Bidang Pengendalian Operasi Sistem dan dilanjutkan oleh Bapak Teguh Aryo Nugroho, M.T sebagai dosen pendamping field trip memberikan sambutan singkatnya untuk acara tersebut. Pada kesempatan tersebut Bapak Teguh Aryo Nugroho berharap para mahasiswa dapat aktif dan menggali ilmu sebanyak-banyaknya selama kunjungan di PLN UIP2B. Setelah itu dilanjutkan dengan pemaparan visi-misi dan nilai-nilai yang diterapkan oleh PLN UIP2B yang dibawakan oleh Bapak Suprayitno.

Lalu, dilanjutkan dengan pemberian materi yang membahas mengenai gambaran umum perusahaan serta sistem pengoperasian, perencanaan, program, dan fasilitas yang diterapkan serta dimiliki oleh PLN UIP2B. Beliau juga melakukan interaksi aktif dan tanya jawab dengan para mahasiswa. Disini mahasiswa Program Studi Teknik Elektro Universitas Pertamina terlihat aktif dan antusias, yaitu dilihat dari berbobotnya pertanyaan-pertanyaan yang diajukan. Pada sesi berikutnya dilakukan penyerahan plakat dari pihak Universitas Pertamina, yaitu Bapak Teguh Aryo Nugroho, M.T dan juga penyerahan plakat dari pihak PLN UIP2B, yaitu Bapak Suprayitno. Pada sesi tersebut juga dilakukan penyerahan bingkisan kepada para mahasiswa yang telah aktif selama kegiatan berlangsung oleh Bapak Suprayitno dan dilanjutkan dengan foto bersama beliau.

Acara field trip diakhiri dengan kunjungan ke mezanin untuk melihat secara langsung para dispatcher PLN UIP2B bekerja di ruang JCC. Pada sesi tersebut, tidak hanya mengunjungi dan sekedar melihat para dispatcher bekerja melainkan pemberian materi dan sharing session yang dibawakan oleh Mas Moko selaku dispatcher yang bertugas saat itu. Beliau banyak sekali menjelaskan mengenai kondisi-kondisi pembangkit listrik Jawa-Bali, kebutuhan beban dan supply energi listrik pada saat waktu-waktu tertentu, serta tugas para dispatcher dalam melakukan kontroling terahadap sistem ketenagalistrikan Jawa-Bali dalam rangka menjaga frekuensi aliran listrik dan memastikan listrik yang di-supply bisa sampai ke tempat-tempat di seluruh pulau Jawa dan Bali. Setelah itu kegiatan field trip ditutup dengan melakukan sesi foto bersama.